xpresikyu

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us

usia

Lilypie 1st Birthday Ticker

f i c o mimik ASI

Lilypie Breastfeeding Ticker

Kamis, 20 Desember 2007

Rencana MPASI Fico di usia 6 bulan

Emang sih Fico baru akan mulai MPASI di usia 6 bulan yaitu tanggal 24 Februari 2008 (pas ultah ayah fitrah ni Fic). Tapi Bunda dari sekarang udh cari2 informasi bgmana jadwal dan resep yang cocok untuk makanan awal bagi Fico. Supaya makan pertama menjadi pengalaman yang menyenangkan buat Fico bukan malah sebaliknya.
Berikut tabel yang udah Bunda susun, mungkin ke depannya masih bisa berubah klo dapat info yang lebih baik lagi.



Berikut resep MPASI yang Bunda dapat dari sercing diinternet dan blog2 org.
Untuk Usia 6 bulan ini makanan yang boleh diberikan
serealia : beras merah, beras putih
sayur : labu parang, ubi jalar, kentang, kacang hijau, labu, zucchini
buah : apel, pir, alpukat, pisang, jeruk baby, pepaya

BUBUR SUSU BERAS MERAH/PUTIH
bahan bubur :
1 sendok makan tepung beras merah / putih
2. 150 ml air
cara buat :
1. larutkan tepung dengan air secukupnya
2. sisa air direbus, setelah mendidih masukan larutan tepung beras merah / putih
3. aduk merata sampai matang (apabila tidak diaduk tepung akan mengumpal dan dalamnya tidak matang)
cara penyajian :
1. siapkan ASI / ASI perah kurang lebih 100 ml
2. campurkan bubur dengan ASI sesuai kemampuan bayi untuk menelan dan kemampuan lambung untuk mengolah makanansebaiknya permata diberi seencer susu, selanjutnya kekentalannya bisa disesuaikan
catatan :
1. untuk 1 kali makan ( buburnya skitar 3 sendok )
2. diberikan dengan susu agar tidak memberikan rasa yang mencolok. sebab selama 6 bulan ini kan baby hanya mengonsumsi susu saja. Step by step susu bisa diganti dengan soup atau air biasa.

BUBUR SUSU KACANG HIJAU
Cara membuatnya hampir sama dengan bubur susu beras merah/putih hanya saja memasaknya agak lebih lama sebab kacang hijau teksturnya lebih keras daripada beras.
Agar tidak cepat gosong, dimasak dengan api kecil
bahan bubur :
1. 1 sendok makan tepung kacang hijau
2. 150 ml air
cara buat :
1. larutkan tepung dengan air secukupnya
2. sisa air direbus, setelah mendidih masukan larutan tepung kacang hijau
3. aduk merata sampai matang (apabila tidak diaduk tepung akan mengumpal dan dalamnya tidak matang)
cara penyajian :
1. siapkan ASI / PASI kurang lebih 100 ml.
2. campurkan bubur dengan ASI sesuai kemampuan bayi untuk menelan dan kemampuan lambung untuk mengolah makanan sebaiknya pertama diberi seencer susu, selanjutnya kekentala
nnya bisa disesuaikan
catatan :
1. 1 sendok makan tepung apabila dimasak akan menghasilkan 3 sendok makan bubur
2. porsi penyajian disesuaikan dengan kemampuan bayi, semakin hari bisa semakin banyak. Jadi takaran memasaknya disesuaikan saja dengan kebutuhan.
3. diberikan dengan susu agar tidak memberikan rasa yang mencolok. sebab selama 6 bulan ini kan baby hanya mengonsumsi susu saja. Step by step susu bisa diganti dengan soup atau air biasa.
4. apabila mpasi dengan serelia saja tidak menimbulkan alergi maka bisa dilanjutkan dengan pemberian sayur dan buah, baik dengan dicampur serealia atau sayur dan buah saja.


PUREE UBI JALAR
Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+
Nutrisi Utama: Beta-karotin & Potasium
Bahan:1 buah ubi jalar, sikat kulitnya sampai bersihASI/Susu Formula
Cara Membuat:
1. Panaskan oven dengan suhu 180C.
2. Letakkan ubi pada wadah yang sudah dialasi aluminium foil.
3. Panggang sampai matang (kira-kira 1 jam)
4. Kupas kulitnya, potong-potong dagingya lalu haluskan.
5. Tambahkan ASI/Susu Formula untuk mengencerkan.
*selain dipanggang, ubi jalar juga bisa dikukus hingga lunak.

PUREE KENTANG
Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+
Nutrisi Utama: Potasium & Niacin (a B Vitamin)
Bahan:3 buah kentang, kupas, cuci lalu potong-potongASI/Susu Formula
Cara Membuat:
1. Kukus kentang sampai lunak
2. Tiriskan dan haluskan dengan garpu atau food processor.
3. Tambahkan ASI/Susu Formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

PUREE APEL/PIR/ MELON/PEACH/PLUM/
Nutrisi Utama: Potasium & Vitamin C
Bahan:1 buah apel/pir/melon secukupnya/peach/plum matang ukuran sedang
Cara Membuat:
Buah dikupas, buang bagian tengahnya, cuci sampai bersih.
Potong menjadi 4 bagian.
Kukus di atas api sedang selama 5-10 menit.

Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, haluskan dengan blender, tambahkan air matang atau ASI/susu formula sampai kekentalan yang diinginkan.

PUREE ALPUKAT
Nutrisi Utama: Serat, Vitamin EBahan:1 buah alpukat matangASI/susu formula dicampurkan air matang secukupnya
Cara Membuat:
Buang biji alpukat, lalu haluskan daging buahnya.
Campurkan dengan ASI atau susu formula dengan kekentalan yang diinginkan.
Saran Penyajian: Berikan puree alpukat sebagai makanan tunggal atau campur dengan puree sayur/buah lainnya.
Variasi: Buah alpukat dikeruk halus dan langsung sajikan

PEPAYA LUMAT
Bahan :
1 potong pepaya
Cara membuatnya :
Kupas pepaya matang, buang bijinya dan cuci bersih dengan air matang.
Saring dengan menggunakan saringan kawat yang halus.
Taruh dicangkir atau mangkok kecil dan berikan kepada bayi dengan sendok kecil.
Dapat juga pepaya dikerik seperti pada pisang lumat

PUREE TERONG
Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+
Nutrisi Utama: Potasium
Bahan:1 buah terong ungu ukuran sedang, kupas kulitnya
Cara Membuat:
1. Cuci bersih terong dan buang bijinya. Potong-potong.
2. Rebus terong sampai lunak
3. Tiriskan lalu haluskan.
Cara Lain:
1. Cuci bersih terong dan buang bijinya. Potong-potong.
2. Panggang terong daalm oven sampai lunak.
3. Haluskan.

PUREE SELEDRI
Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+
Nutrisi Utama: Potasium
Bahan:3 batang seledri
Cara Membuat:
1. Cuci bersih dan cincang halus.
2. Tuang ke dalam cangkir tahan panas. Kukus selama 5-10 menit. Angkat.
3. Haluskan dengan blender/saringan kawat. Tambahkan air/ASI/susu formula.

PISANG LUMAT HALUS
Bahan :
1 buah pisang masak
Cara membuatnya :
· Pisang dicuci bersih
· Kupas memanjang sebagian permukaan pisang
· Keriklah pisang dengan menggunakan sendok kecil yang bersih
· Kerikan pisang ditaruh dalam cangkir atau mangkuk kecil. Agar pisang tidak berubah warna, berilah sedikit perasan jeruk nipis.
· Dapat juga kerikan pisang diberikan langsung kepada bayi

Nah, klo para moms ada yang baca n ingin memberi masukan yang membangun mengenai jadwal dan resep ini, moggo wae..terima kasih malah. Okaayy :D

Rabu, 19 Desember 2007

FICO di Tiga Bulan Pertama


Lahir : Jumat, 24 Agustus 2007, pukul 06.33 wib, BB : 3650 gram, TB : 50 cm, Lingkar Kepala : 36 cm, Gol. darah : O/+
Hepatitis B1 : 26 Agustus 2007
Hepatitis B2 + Polio 1 : 3 September 2007, BB : 4000 gram
Demam pertama (usia 3 minggu) : 13 September 2007 dini hari, BB : 4500 gram
BCG (Engerix B II) : 29 September 2007, BB : 5100 gram
Naek pesawat pertama (1 bulan 15 hari) : 9 Oktober 2007 JKT-PKU
Senyum pertama ke orang (dg Abi) : 12 Oktober 2007 abis sahur
DPT1 + Polio2 (di Pku) : 27 Oktober 2007, BB : 5900 gram, TB : 58 cm, LK : 39cm
Bisa Melet : 27 Oktober 2007 malam
Naek pesawat kedua : 4 November 2007 PKU-JKT
Tidur miring + ngoceh2 + ngenyot tangan : sekitar 1,5 bulan
Tertawa cekikikan : sekitar 2 - 3 bulan
Tengkurap pertama : sekitar 3,5 bulan
DPT2+Polio3+HIB1 (Tetra Act HIB) : 14 Desember 2007, BB : 6700 gram, TB : 62 cm, LK : 42 cm

Senin, 17 Desember 2007

Muhammad Berkah Pacific Kifero

Bunda masuk RS kamis malam dan keluar senen siang. Banyak deh yang bezuk, seneng banget. Selain dari sodara2 Abi, ada juga tetangga yang datang. Pastinya ga ketinggalan keluarga dari Pekanbaru. Buktinya tante Ven tiba2 suprise datang malam minggu dari bandara lgsg ke RS, duuh senengnya. Begitu juga dengan Ibu Eva besoknya bersama Tante Een temannya. Rame deh..
Hari pertama setelah operasi Bunda hanya dibolehkan berbaring telentang saja. Paling miring kiri dan kanan. Sakit dibekas operasi ga terasa si, mgkn karna selalu dikasi obat penghilang rsa sakit. Nah, hari kedua infus Bunda sudah dicabut, Bunda boleh belajar duduk. Waduh sakit sekali dibagian perut tp bukan dibagian bekas operasi. Kata Dokter Nel itu bagus krn rahim dalam proses pengkerutan. Hari ketiga udah biasa. Hari keempat udah boleh pulang.
Sebenarnya si hari ketiga sudah bisa pulang, tapi ternyata bilirubin Berkah naik sedikit dari batas normal. Untungnya golongan darah Berkah dan Bunda sama jadi proses pemulihannya lebih cepat. Meskipun Bunda sempat sedih malamnya kasian liat Berkah disinar, untung nenek menenangkan. Padahal Bunda udah berusaha untuk menyusui Berkah dari awal lahir, tp karna Berkah kebanyakan tidurnya dan air susu Bunda jg blm banyak dan lagi dari RS ga memperbolehkan Berkah berada di kamar slm 24 jam, jadinya Berkah sempat dikasi susu formula deh. Pdhl dari hamil Bunda udah bertekad kasi ASI ekslusif 6 bulan. Tp untungnya sejak keluar dari RS sampai sekarang Berkah ASIX. Alhamdulillah..
RSIA HGA tempat Bunda melahirkan menyediakan jasa pembuatan akte kelahiran dengan biaya sebesar 100rb. Nah, daripada repot ngurusin sendiri, Bunda dan Abi sepakat bikin aktenya di RS aja. Sebelum menikah Bunda emang punya keinginan memberi nama anak Bunda dengan nama samudra. Nah, sejak hamil udah Bunda rancang2 tuh namanya jadi Muhammad Pacific. Masih pengen nyari nama tengahnya. Eh Bunda dapat mimpi klo nama tengahnya Berkah. Makanya sejak hamil, Bunda dan Abi manggil Berkah ke si dede yang masih di dalam perut. Selain nama tersebut, Bunda juga pengen ada nama keluarga, so dirancang2 deh dari singkatan Kids of Ferianto Ovvy jadi Kifero. Akhirnya disepakati deh nama anak Bunda dan Abi yang pertama Muhammad Berkah Pacific Kifero dengan panggilan FICO. Semoga Fico menjadi anak yang soleh, cerdas dan sayang dengan keluarga. Amiinn...

Ini dia poto jagoan Bunda sepulang dari rumah sakit, usianya baru itungan hari :D

Kelahiran Anak Pertama


Setelah bulan demi bulan Bunda lalui bersama Berkah (panggilan dede di dalam kandungan Bunda), akhirnya waktu yang ditunggu2 tiba jua. Bunda ambil cuti melahirkan dari kantor mulai tanggal 15 Agustus 2007 s.d 14 November 2007. Pada tanggal 20 Agustus 2007, usia kehamilan Bunda 38 minggu. Tdnya Bunda berharap Berkah lahir tanggal 17 Agustus, jd semua orang merayakannya :D Eh ternyata Bunda msh seger bugar pada tgl tersebut, ga ada mules2nya.

Pada tanggal 15 Agustus, Bunda periksa lg ke Dokter Nel. Pada saat itu, beratnya Berkah diprediksi udh 3.3 kg kalo Bunda ga salah. Ga terlilit tali pusar, pada saat periksa dalam, kepala Berkah udh mengarah ke pinggul Bunda, meski masih tinggi. Selainnya, ga ada masalah.

Tgl 22 Agustus, Bunda periksa lg, cm krn Dokter Nel ga praktek, Bunda periksa ma Dokter Wid. Nah, berat Berkah diperkirakan udah 3.9 kg. Posisi Berkah skrg ga lurus lg mengarah ke mulut pinggul, tapi miring dan ada satu lilitan tali pusar. Dokter Wid saat itu menyarankan lebih baek di sesar aja krn klo dipaksain normal dan ditunggu sampai saatnya Bunda merasa mules (maksimal penantian tgl 4 sept utk 40 minggu), berat Berkah akan semakin besar dan dikawatirkan pada saat lahir normal bayi akan lahir tidak berkulitas, mgkn krn nyangkut dipinggul dsb. Soale sahabat Bunda ada yang begitu, alhasil tangan anaknya nyangkut dan mengalami kelemahan dan harus diterapi. Wah Bunda mendengar kata2 operasi itu, keder jg. Tapi DOkter Wid bilang lebih baik konsul lg dengan Dokter Nel.

Besoknya tanggal 23 Agustus, Bunda ke Klinik Depok Jaya untuk periksa dengan Dokter Nel diantar Nenek dan Atuk. Wah lama juga nunggunya dr pagi akhirnya ketemu Dokter Nel jam set 2. Ternyata analisa Dokter Nel sama dengan Dokter Wid. Sebelumnya Bunda udah minta pendapat Abi bagaimana kalo harus operasi, krn hari itu Abi kerja jadi ga bs antar Bunda ke dokter, Abi setuju saja, yang penting yang terbaik.

Setelah minta pendapat Nenek yang menemani Bunda waktu itu masuk ke ruangan Dokter Nel , akhirnya Bunda setuju mau di operasi dan Bunda minta ke Dokter Nel dioperasi besok hari Jumat 24 Agustus 2007 sebelum solat jumat, akhirnya Dokter Nel dapat jadwal yang jam 6 pagi. Malam harinya dengan diantar Nenek, Atuk, Abi, Eyang, Mbah, Uwak Dini, Om Ven dan Teh Mella Bunda berangkat ke RSIA HGA. Malam itu Bunda menjalani sejumlah pemeriksaan berkaitan dengan detak jantung janin. Setelahnya Bunda milih2 kamar dengan Abi dan istirahat, puasa juga untuk operasi besok. Bunda ditemani Nenek dan Abi. Wah tidur Bunda ga nyenyak mengingat esok hari dan baru kali ini Bunda menjalani operasi.

Akhirnya jam yang ditunggu2 tiba juga. Bunda udh siap2 dari jam 5 karna jam 6 akan dijemput masuk ruangan. Di ruangan pra operasi, bunda ganti baju. Ga lama Dokter Nel datang, trus masuk deh ke ruang operasi. Bunda dibius setengah aja dari pinggang ke bawah dengan disuntik di tulang punggung oleh dokter anastesi. Setelah itu Bunda hanya merasakan sulit sekali bernapas, Dokter Nel menenangkan Bunda. Selanjutnya, Dokter Nel n Tim Oka nya mengoperasi Bunda sambil ngobrol2. Bunda pikir belum dimulai, eh tau2nya jam 06.33 wib 24 Agustus 2007 bertepatan dengan ulang tahun RCTI Berkah keluar dari rahim Bunda dengan tangis yang kencang. Alhamdulillah... Anak Bunda dalam keadaan sehat dan normal. Setelah Berkah dimandiin, Berkah diciumin ke Bunda dan selanjutnya diliatkan ke Abi untuk di azanin Abi.. Bahagianya tak terkira :D

Jumat, 14 Desember 2007

Hamil Anak Pertama

Bunda menikah dengan abi tanggal 19 Nov 2006 di Pekanbaru. Setelah sebulan menikah, kok Bunda curiga udah ada calon dede di perut bunda. Trus setelah Bunda cek subuh2, ternyata positif. Ada garis dua di kertasnya. Bunda letakin tuh kertas ceknya di meja rias dekat tehnya Abi. Soale biasanya Abi klo bangun tidur trus ngeteh sblm ke kmr mandi. Harapan Bunda, si Abi akan melihat kertas itu, eh ternyata ga :D

Ditunggu2 tuh smp si Abi kelar berpakaian,msh juga ga ngeh..Cian deeh Bunda :D Akhirnya Bunda kasi tau deh. Ternyata Abi bnr2 ga ngeh itu apaan. Karna emang ga pernah melihat benda tes kehamilan itu secara langsung. Wah Abi reaksinya rada2 ga percaya gt. Mungkin sama dengan perasaan Bunda waktu itu, campur aduk. Masa iya sii secepat itu, tp disatu sisi seneng jg serasa ada sensasi baru di dalam tubuh ini. Halahh.. Nah, pagi itu seperti biasa Abi dan Bunda berangkat kerja pake motor. Setiap ada gajlugan Abi jadi pelan2 deh :D

Singkat cerita, kehamilan anak pertama Bunda ini ga banyak keluhan. Hanya hal biasa yaitu selama 3 atau hampir 4 bulan pertama Bunda susah makan n mual2. Jadi, makannya harus milih2 supaya makannya semangat. Untungnya waktu itu nenek datang. Jadi, Bunda bisa makan masakan nenek deh yang mengundang selera.

Pemeriksaan rutin Bunda lakukan n Abi juga selalu menemani. Setiap bulan janin Bunda di USG. Wah rasanya senang sekali mengikuti perkembangan janin Bunda dari bulan ke bulan. Semua berjalan lancar2 saja. Alhamdulillah. Oia, Bunda jg kerja spt biasa. Hanya saja waktu tri semester kehamilan, Bunda lumayan ada bolosnya, karena lemes. Untung bos Bunda pada baik2 dan mengerti kondisi. Oia, selama hamil, Bunda bawaannya gampang ngantuk. Jadi, sering bobo deh di kantor :D

Oia, Bunda periksa di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hasanah Graha Afiah di Jl. Raden Saleh Depok. Ga begitu jauh dari rumah kita. Awalnya dengan dokter Maman, tapi akhirnya diganti dengan Dokter Nelwati karena Bunda pengennya dengan dokter cewe. Dokter Nel orangnya komunikatif sekali, jadi sebagai pasien Bunda puas. Orangnya juga baik. Cuma sibuknya ga ketulungan, biasalah dokter ngetop , Ya ga Dok.. hehehe

Yah, sekian cerita Bunda seputar kehamilan Bunda yang pertama. Excited deh pokoknya. Serasa ada yang selalu menemani Bunda klo lagi di pergi2 sendiri. Jadi, ada teman bicara :D

Kamis, 13 Desember 2007

Asal-Usul

Assalamua'laikum Wr Wb Anak-anaku..

Blog ini sengaja Bunda buat untuk kalian, anak-anak Bunda tersayang. Blog ini akan berisi tentang kisah kalian. Bunda sadar bahwa Bunda tidak dapat mengingat semuanya dengan baik dan menceritakannya kembali pada saat kalian besar. Oleh karena itu, Insya Allah sedikit demi sedikit akan terangkai kisah kalian di blog ini. Harapan Bunda, semoga blog ini msh tetap ada saat kalian telah dewasa.


Anak-anakku.. Bunda pilihkan kata-kata "kekayaanku" untuk alamat blog ini. Bukan tanpa dasar. Kata itu menurut Bunda sangat sesuai untuk mewakili arti kehadiran kalian di hidup Bunda. Ya, benar ! Kalian adalah kekayaanku. Kekayaan yang dikarunai Allah untuk Bunda. Kekayaan yang tidak dapat dinilai harganya. Semoga kalian juga akan tetap menjadi kekayaan Bunda kelak di akhirat. AMin Ya Robbala'lamin.

Anak-anakku.. Maafkan Bunda pabila tidak dapat merangkai kisah kalian dalam bahasa yang elok. Bunda bukan seorang penulis apalagi seorang penyair. Bunda kalian hanyalah seorang Bunda yang sedang berusaha bercerita dalam tulisannya.

Anak-anakku.. Kalian adalah Kekayaanku. Inspirasiku. Perhiasanku. Penyemangatku. Permataku.
Semoga kalian akan selalu menjadi pembawa syurga dalam hidupku di dunia maupun di akhirat kelak. Terima kasih anak-anakku atas coretan yang telah kau lukiskan dalam kanvas kehidupanku. I love You all...

Okelah anak-anakku.. Enjoy your time :D
Mmmuuuaaahhh..


Wassalam Wr Wb

-Bundamu-