xpresikyu

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us

usia

Lilypie 1st Birthday Ticker

f i c o mimik ASI

Lilypie Breastfeeding Ticker

Senin, 26 Mei 2008

Resep Cemilan Bayi 9-12 bulan

Hari ini Bunda baru buka imel, setelah wiken kmrn off. Ternyata ada imel dari Umi Syamil ngirimin resep MPASI yang telah dihimpunnya. Oh iya, Bunda baru ingat dulu pernah minta referensi MPASI beliau, tapi sblm Fico mulai MPASI klo ga salah. Hehe, tapi gpp, meski skrg Fico dah makan tim, makasi ya Umi.

Dari resep tersebut, ada cemilan untuk bayi 9-12 bulan. Belum Bunda coba si di rumah karena baru dapat hari ini. Nah, para bunda yang butuh referensi cemilannya, bisa dilihat di bawah ini yaa. Siapa tau bisa dimodif2 juga, so bisa punya banyak ide deh buat putra-putri tercintanya, supaya makannya jadi lebih lahap..hap..hap lagi :D

Biskuit Lembut
Bahan:
350 gr buah pir, diblender
600 gr tepung terigu
300 gr mentega, cairkan
250 gr susu formula lanjutan
1 btr telur, kocok tegang (dimikser)
1/2 sdt vanili
2 btr kuning telur untuk olesan
Cara Membuat:
1. Satukan pir, telur yang sudah dikocok, tepung terigu, mentega, susu dan vanili. Aduk sampai menjadi adonan yang dapat dibentuk.
2. Tata adonan di loyang dan olesi dengan kuning telur. Panggang dalam oven panas bersuhu 160 derajat selama 15 menit atau hingga matang. Setelah dingin masukkan dalam toples. Untuk 750 gr

Biskuit Wortel
Bahan:200 gr mentega
250 gr apel, haluskan
250 gr susu bubuk formula lanjutan
4 btr telur
250 gr wortel, parut
450 gr tepung terigu
Cara Membuat:
1. Kocok mentega dengan mikser hingga memutih. Tambahkan apel, telur, dan wortel. Aduk hingga rata.
2. Campurkan tepung terigu dan susu bubuk formula lanjutan, aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran tepung terigu tadi sedikit demi sedikit ke dalam kocokan mentega, aduk rata.
4. Ambil sesendok demi sesendok dan pipihkan. Tata di loyang datar yang telah dioles margarin.
5. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu, selama 20 menit atau hingga kuning kecokelatan. Untuk 750 gram.

Mangkuk Beras Merah
Bahan I: 50 gr beras merah, blender halus
120 ml air
50 gr tepung kanji
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
325 ml santan dari 1/4 btr kelapa, panaskan
Bahan II: 2 sdm tepung beras
1 sdm tepung kanji
125 ml santan dari 1/4 btr kelapa
1/8 sdt garam
Cara membuat:
1. Didihkan air lalu tuang ke tepung beras merah, aduk hingga menggumpal.
2. Masukkan tepung kanji, gula, dan garam. Tambahkan santan panas, aduk lalu masak sampai kental.
3. Tuang ke dalam cetakan kue mangkuk yang diolesi minyak goreng hingga tiga per empatnya. Kukus selama 10 menit.
4. Aduk bahan II, tuang ke atas bahan I, kukus lagi selama 15 menit.* Untuk 20 buah

Roti Kukus Pisang
Bahan: 3 iris roti perancis, potong-potong
2 bh pisang raja, potong bulat
100 ml air jeruk siap pakai
300 ml susu
4 btr telur, kocok lepas
1/8 sdt garam
50 gr gula pasir
Cara membuat:
1. Tata roti perancis dan pisang berselang-seling di pinggan tahan panas yang telah diolesi margarin.
2. Aduk air jeruk, susu, telur, garam, dan gula pasir hingga larut.3. Siram ke tataan roti perancis. Kukus selama 30 menit.* Untuk 6 porsi

OMELET SEHAT
Bahan: 50 gr makaroni, rebus matang
6 lbr bayam, cincang halus
1/4 bh bawang bombai, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt garam
1 bh tomat, potong-potong
5 btr telur, kocok sampai kental
50 gr keju mozzarella, parut
Cara membuat:
1. Aduk makaroni, bayam, bawang bombai, bawang putih dan garam.
2. Masukkan telur, aduk rata.
3. Tuang ke wajan dadar antilekat. Masak sampai adonan mengeras.
4. Taburkan tomat dan keju mozzarella. Tutup wajan lalu masak dengan api kecil sampai matang.* Untuk 6 potong

Muffin Havermut
Bahan:150 gr tepung terigu
30 gr havermut
1/2 sdt garam
50 gr margarin, lelehkan
75 gr gula pasir
1 btr telur, kocok lepas
125 ml susu
100 gr pisang ambon, potong-potong
Cara membuat:
1. Ayak tepung terigu.Tambahkanhavermut,garam,dan gula.
2. Aduk margarin leleh, telur, dan susu.
3. Tuang hasil adukan ke dalam campuran tepung. Masukkan pisang, aduk rata.
4. Sendokkan adonan ke dalam cetakan muffin yang sudah diolesi margarin. Oven selama 35 menit dengan suhu 160° C.* Untuk 15 buah

Muffin Sayuran
Bahan: 300 gr tepung terigu
100 gr gula palem
40 gr wortel, parut kasar
40 gr brokoli, cincang halus
6 sdm susu formula 2, seduh dalam 250 cc air jeruk manis
125 gr mentega, cairkan
1 telur ayam, kocok lepas
Cara Membuat:
1. Olesi cetakan muffin dengan margarin.
2. Campur tepung terigu, gula palem, wortel, dan brokoli. Aduk rata.
3. Tuangkan susu jeruk manis sambil terus diaduk, kemudian mentega dan telur ayam, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
4. Tuang ke dalam cetakan muffin, panggang hingga matang. Untuk: 6 porsi

Puding Roti Mentega
Bahan:
2 lembar roti tawar putih
2 sdm mentega
6 sdm susu formula 2, seduh dalam 300 cc air hangat
2 butir telur1 sdm gula castor
1/4 sdt vanili bubuk

Cara Membuat:
1. Olesi roti dengan mentega hingga rata. Potong dadu.Taruh dalam wadah tahan panas yang telah diolesi margarin.
2. Kocok telur dan gula castor hingga memutih, tambahkan susu, aduk terus, lalu tambahkan vanili. Tuang ke dalam roti, taruh di atas wadah tahan panas yang lebih besar dan isi dengan air. Panggang di oven hingga matang.Untuk: 2 porsi

Selamat mencoba moms..

Ada yang mau ikut Fico??

Tin..Tin..Tin...Fico mo lewat ni, minggir..minggir..Fico baru belajar nyetir nii..Awas..Awas..Tin..Tin..Tin bunyi klaksonnya. Tapi kok gayanya kayak udah bisa ngebut yaa. Hehehe.. Ini poto Fico pas lagi di Carefour. Kebetulan ada troli yang ada mobilnya, nganggur. Langsung deh Bunda sikat (gigi kalii). Fico didudukin dalam mobil. Berhubung sebelah kiri mobil ga ada pintunya, jadi Fico dijagain ma kaen panjang, so klo Bunda meleng sebentar, Fico masih aman terkendali :D
Duh asiknya yang baru bisa nyetir.. Kadang serius pengang setir, kadang mencet2 klakson yang ga ada bunyinya, n ada gaya dada-dada juga tuh kyk Putri Diana ketemu rakyat..Hihihi.
Klo dah bisa nyetir beneran, antar Bunda ke pasar ya Fic, ntar Bunda beliin lontong sayur deh..

With ABI

Hari Sabtu kemaren Fico jalan-jalan dengan Abi, Bunda, Mbah dan Eyang. Udah hampir sebulan ni Fico ga jalan2 ma Abi, karena Abi tugas keluar kota hampir sebulan. Pas Kamis malam, Abi bikin suprise, tiba2 aja udah ada depan pagar rumah jam setengah sebelas malam. Uhuy, Abi pulang..Abi pulang..Fico syyyeeennneeng. Jadinya, Sabtu sebelum imun campak malamnya, Fico jalan2 dulu seputar Depok.. ASik..Asik..Asik..Fico girang banget deh, ntu jepretannya :D

He is Nine Months Old Now

Anak bujang Bunda tanggal 24 Mei 2008 kemaren tepat berusia 9 bulan. Semoga selalu sehat dan semakin pintar ya Sayang.. We all do Love You, much..much..much..much..much

Berhubung udah 9 bulan dan bertepatan hari Sabtu, malamnya Fico imunisasi campak di RS HGA, RS tempat Fico dilahirkan diantar Bunda, Abi, Eyang dan Mbah. Kata teman Bunda, Tante Iyut/Mamanya Luthfi, waktu kemaren Luthfi imun campak, dokternya berpesan supaya jangan jalan2 dl setelah campak, karen kondisinya lemah, dikawatirkan gampang terserang penyakit karena bertemu banyak orang. Hal itu, Bunda tanyakan jg ke dokternya Fico, dan dokter Fico juga mengamini. Jadinya Fico, skrg ga keluar rumah dl spt biasanya. Paling sampai teras or halaman. Klo ga, biasanya pagi n sore Fico selalu keliling kompleks dengan Mbah pake stollernya, mulai dari maen ayunan sampai ngeliat anak2 maen bola. Menurut Mbah, Fico jadi ngetop, di sepanjang jalan sering dipanggil2 namanya klo lewat..Hehehe, anak Bunda udah banyak temannya nii..

Kamis, 22 Mei 2008

Selamat Ulang Tahun Tante Ven

Ini salah satu tantenya Fico nii..Secara Fico punya 5 tante :D Hari ini berulang tahun loohh..
Si mamat buang bihun di Klaten, Selamat Ulang Tahun Tante Ven..
Ikan Tongkol, Ikan Hiu, We all do love you...Muaahh..Muuaah

Oia, Bunda Fico menghadiahkan sebuah puisi ni buat Tante Ven

hari ini, pada masa itu..
seorang perempuan sedang berjuang
dalam desahan dan erangan napasnya,
bermandikan peluh,
bertahan dengan segala tenaga yang tersisa dalam raga,
sesekali meringis menahan sakit yang tak terperi untuk kesekian kali

sekian detik berlalu, raga ibu masih di situ
masih bertahan dengan segala upaya yang terhimpun

sekian menit berlalu,
napas yang tersisa itu tidak sia-sia

bayi mungil nan cantik itu pun lahir
menatap dunia, menghirup asa
membawa bahagia, memulai kisahnya

Nah, semoga Tante Ven bahagia selalu dunia dan akhirat ya.
Terwujud apa yang dicita-citakan baik dalam Cita maupun Cinta..
Amiiinnn...

Rabu, 21 Mei 2008

Sang Superboy

Hhhhmm..senangnya hari selasa kemarin (20 Mei 08) hari libur. So, Bunda seharian bisa bersama dengan Fico. Rencana awal, di pagi hari setelah kasi Fico sarapan, Bunda pergi bentar cuci mobil trus ke pasar. Soalnya rada tenang klo ninggalin Fico dengan perut kenyang, jadi sebelum Fico lapar lagi diusahakan Bunda dah nyampe rumah lagi, so stok ASI yang buat hari Rabu ga kepake hari itu. Eh rencana ternyata tinggal rencana, krn begitu Bunda manasin mobil, Fico meronta-ronta dari gendongan eyangnya pengen ke mobil. Meski ga nangis tapi ga tega juga melihat tatapan pengen ikutnya n Bunda juga akhirnya ga tega ninggalin Fico, meski cuma berapa jam pergi tapi berharga banget loohh mengurangi waktu Bunda bersama Fico. Akhirnya Fico ikut deh ma Bunda.. Fico syeneng, Bunda juga dunk..
Nah, pulangnya Fico mam lagi. Abis mam Bunda buka bajunya krn basah pas minum, so pake singlet doang. Trus bawa ke kamar deh buat bobo siang. Tapi yang ada becanda mulu di kasur. Pas Bunda mo pasangin baju, Bunda liat baju yg baru di setrika di atas meja di kamar yang blm sempet dimasukin ke dalam lemari. Oia ada baju superboy yang Bunda pesen dari kakaknya Tante Maya temen kantor Bunda. Sejak beli, tu baju ga pernah dicobain karna Bunda ainul yakin baju itu guede banget dari pesanan. Tapi berhubung sekarang ada di depan mata, coba aahhh..Hehehe, emang gede banget tapi lucu juga euy..Anak Bunda jadi SUPERBOY...Muuaah buat Sang Superboy..

Tumbuh Gigi


Hohoho..yang ditunggu2 akhirnya datang juga.. Anak Bunda giginya dah tumbuh euy. Baru satu siihh. Nongol sunongol sedikit demi sedikit. Udah sekitar 2 mingguan ini deh, jadi usia Fico sekitar 8,5 bulanlah, ga kurang lagi, harga pas..ups..kok jadi dagang.
Liat dong Om, Tante, Kakak, Abang n semuanya yang ada di sini (kok jd kyk lagu Inul)..Fico udah punya gigi..Mudah2an ni keran kendi ASInya ga dijadiin pelampiasan gigit2 iseng ma Fico..Auuuww..Iihhhh..Iiihh..Ntr Bunda bisa menjerit kayak Mulan deh :D

Senin, 19 Mei 2008

Anakku..



Bunda baca puisi karya Ratih Sang ini dari blognya Tante Fitra http://www.sweetvanila.wordpress.com/ (keren banget loh tulisannya).

Back to puisi, bagus banget puisinya meski ga semua yang diceritakan di puisi itu Bunda alami, karna beberapa sebab Bunda akhirnya ceasar. Tapi, ga mengurangi cinta Bunda ma anak Bunda loohh.. Rasanya apa yang dikatakan oleh puisi itu, bener banget. Alhamdulillah Bunda dah jadi Ibu jadi bisa merasakan kenikmatan jadi wanita seutuhnya..Makasi banget Ya Allah..

Ini dia puisinyaa, ungkapan Bunda juga buat anak Bunda..


Anakku…

Bila ibu boleh memilih
Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu, maka ibu akan memilih mengandungmu?
Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah Sembilan bulan nak…Engkau hidup di perut ibu
Engkau ikut kemanapun ibu pergi Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata
Anakku…
Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang melahirkanmu. Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu
Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu, adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua
Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit, yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun
Dan ketika engkau hadir,tangismu memecah dunia Saat itulah…saat paling membahagiakanSegala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah, Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan, Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah ditelinga mungilmu
Anakku…
Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah,atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu, maka ibu memilihmenyusuimu
Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga
Merasakankehangatan bibir dan badanmu didada ibu dalam kantuk ibu adalah sebuahrasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan
Anakku…
Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu
Tetapi anakku…
Hidup memang pilihan…Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana Maka maafkanlah nak…Maafkan ibu…Maafkan ibu…
Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita, agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang
Percayalah nak…Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu
Percayalah nak…Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu…

Ratih Sanggarwati (Ratih Sang)

Apa apa di balik jendela?


Nah, setelah bosan berdiri dengan pegangan pada box yg ada di sebelah kiri kasur, skrg Fico merubah haluan berdiri dengan pegangan pada tembok yg dekat jendela (sebelah kanan kasur). Jendela kamar Bunda ini ada tembok buat ngeletakin buku2 dan majalah. Setelah berhasil berdiri maka sampailah tangan Fico ke buku2 tsb. Alhasil di acak2 deh dan tertarik dengan Majalah Ayah Bunda.. Di bawa deh tuh majalah ke bawah, ciee gayanya tuuhh di poto :D

Cangcuters


Iseng aja kasi judul itu. Secara kali ini Bunda mo nampilin poto Fico pake cangcut Superman oleh2 dari tante amel. Masih aga kedegean sih, tapi lucu banget anak Bunda udah pake kolor :D

Kamis, 08 Mei 2008

Alat Tempur Bunda


Nah, itu dia alat tempur perah Bunda. Ada botol kaca wadah penyimpanan ASI 100 ml (waktu itu Bunda beli 50 botol) dan Cooler Bagnya. Alat-alat ini Bunda beli seminggu sebelum masuk kerja di http://www.aimi-asi.org/. Cooler bag itu sudah dilengkap ice gel di dalamnya seharga Rp 125rb. Nah, klo botol kaca dulu Bunda beli Rp 1500/botol tp sekarang udah naek jadi Rp 3000/botol. Alat2 ini sudah menemani perjalanan Bunda pulang pergi rumah-kantor hampir lima bulan lebih. Di awal-awal melakukan pemerahan,hehehe, Bunda menggunakan pompa manual. Lama2 kok ga OK lg sedotannya n tangannya jg pegel mompa mulu. Ga efektif dan efisien, iseng2 Bunda coba pake tangan sekaligus nerapin cara merah yang Bunda baca dari internet. Wah lebih cepat, mudah n dapatnya lebih banyak. Jadilah sampai sekarang merahnya pake tangan aja langsung ditampung ke botol. Biasanya klo sedang ga keluar kantor, Bunda merah tiga kali selama di kantor sekitar jam 10 pagi, jam 12.30 dan jam 4. Poto di atas Bunda ambil setelah merah jam 10 pagi pas coffe break kantor, Alhamdulillah dapat banyak 300 ml. Setiap ke kantor Bunda bekel 5 botol. Paling sering si pulang bawa 4 botol. Klo lagi panen, bisa 5 botol penuh2. Lumayan loh beratnya setelah diisi. Tapi, demi yang terbaik untuk Fico semua ini semangat Bunda jalani. Hidup Fico, Hidup ASI, hehehe..Luv Ya Son, Much..Much..Much.

Selasa, 06 Mei 2008

Manjat Stoller


Sekarang apa aja mo dipanjat ma Fico. Termasuk stoller. Oleh karena itu, skrg stoller bukan tempat yang aman lagi buat ngeletakin Fico tanpa pengawasan yang xtra. Karna belum apa2 stollernya udah dipanjat sperti pada poto. Kecuali ni, klo stlh di dudukin di stoller trus di bawa jalan muter2 kompleks deh ma Mbah, baru anteng suranteng sambil kaki ditopangin ke atas (bagian meja pd stoller). Walah anak Bunda udah banyak lagunya (ngutip perkataan eyangnya, red). Pacific..Pacific..

Ditinggal Abi


Ini kejadiannya minggu sore (040508). Fico kyknya melow aja. Lebih manja.. Trus hampir2 magrib gitu tanpa sebab bisa nangis sedih. Apa mungkin krn udah ditinggal Abi ke Balik Papan tugas kantor selama 12 hari ya (pd saat kejadian). Akhirnya nelpon deh ke Abi trus speakernya dinyalain, eh nangis sedih deh.. Kacian..Ga lama akhirnya tertidur, trus Bunda selimutin deh pake kaos Abi. Siapa tau kangen ama Abinya..

Maraton


Waktu hari minggu kemaren tanggal 4 Mei 2008, Fico marathon ni pagi2. Titah doang si dari teras ke pagar. Waduhh langkahnya gede banget sekali melangkah, mentang2 masih dipegangin ya nak, bisa ngelewatin satu ubin sendiri :D Hihihi, anak Bunda lucu deh..Luv Ya

Mainan Berubah Haluan


Nah awalnya mainan itu tergantung tepat diatas box.. Karna fico berdirinya suka dari sisi kasur (di luar box), mainan dimiringkan sedikit supaya bisa dipegang Fico. Eh lama2 maenan bener2 sudah berubah haluan n jadi roboh :D